Manajemen Fasilitas Air Conditioner Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Surabaya

mauludi mauludi (1)
(1) sekolah tinggi ilmu dakwah dan komunikasi Islam (STIDKI) Ar-Rahmah Surabaya
Fulltext View | Download
How to cite (IJASEIT) :
mauludi, mauludi. (2020). Manajemen Fasilitas Air Conditioner Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Surabaya. Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah, 3(2), 115–127. https://doi.org/10.52833/masjiduna.v3i2.67

The mosque has a very important role for the community, because the mosque has a role in prospering the community, not only as a place of worship, even the solution to life’s problems is in the mosque. The mosque also organizes many activities or program the takmirof the mosque must prepare everything properly, such as good facilities for pilgrims, the selection of priests and mosque managers who are competent in the field of spirituality to ensure the comfort and comfort of worshipers.The purpose of this reseach is to find out how to use air conditioner facilities in mosques and know how to maintain air conditioner facilities at mosques Baituk Ihsan. The research approach is descriptive case study approach because researchers describe a phenomenon using various sources of data. Source of the data in this study are primary data sources totaling 3 informants consisting of priests at the Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Surabaya, chairman of takmir as well as a logistics section in BI and AC technicians in the Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Surabaya. Data collection techniques used in this study are: Observation techniques, interview, and documentation. Processing techniques and data analysis are: data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The result of the study indicate that the management of the air conditioner facilities in the Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Surabaya is in accordance with the 7 stages of the process delivered by Suherman. This research has resulted in a good way to treat central AC. The implication of this research needs to be paid more attention to the evaluation of AC treatment at the Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Surabaya.

Masjid memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat, karena masjid memiliki andil dalam mensejahterahkan masyarakat, tidak hanya sebagai tempat beribadah saja, bahkan solusi dari permasalahan kehidupan ada di masjid. Masjid juga mengatur banyak sekali kegiatan atau program, para takmir masjid harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, seperti  fasilitas yang baik untuk para jama’ah, pemilihan imam serta menejer masjid yang berkompeten dalam bidang kerohanian untuk menjamin kekhusyuan dan kenyamanan jama’ah ketika beribadah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara pemanfaatan fasilitas air conditioner di Masjid Baitul Ihsan dan mengetahui bagaimana sistem pemeliharaan fasilitas air conditioner di Masjid Baitul Ihsan. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan studi kasus deskriptif karena peneliti menggambarkan sebuah fenomena dengan menggunakan berbagai sumber data. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer berjumlah 3 informan yang terdiri dari imam masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Surabaya, ketua takmir sekaligus bagian logistic di BI dan teknisi AC di masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data adalah: Data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusiondrawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen fasilitas air conditioner di masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Surabaya sudah sesuai dengan 7 tahapan proses yang disampakain oleh Suherman. Penelitian ini menghasilkan terkait cara perawatan yang AC central yang baik. Implikasi dari penelitian ini perlu lebih di perhatikan lagi terkait evaluasi perawatan AC di masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Surabaya.

Handoko Juni, Merawat dan Memperbaiki AC, (Jakarta: Kawan Pustaka, 2009)

Hasi kerjasama ICMI ORSAT CEMPAKA PUTIH, fokusS Babinrohis dan Yayasan kado anak muslim.Pedoman Manajemen Masjid tahun 2003.

Ismail Usman Asep, dan Castrawijaya Cecep, Manajemen Masjid, (Bandung: Angkasa Bandung, 2010)

Kamus pusat bahasa,(Jakarta: pusat bahasa, 2008)

Kurniawan Syamsul, “Masjid Dalam Lintasan Sejarah Umat Islam “Journal of Islamic Studies, Vol.4 Nomor 2 September 2014

Maryulina Asnelly Analisis Pemeliharaan Mesin Produksi Pada PT. P&P Bangkinang di Desa Simalinyang (Pekanbaru: 2010)

Putri Yuritami Meidita Annisa,Muhidin Ali Sambas, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Survei tentang standar fasilitas pembelajaran di SMK Pasundan 1 Bandung Vol.1 No.2 Januari 2018

Rahardjo Arif Imam “Pelatihan Perbaikan Dan Perawatan Air Conditionerâ€Jurnal Sarwahita Volume 13 N0. 1.

Sofyan Lutfi Indra,dkk., Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas, Diponogoro jurnal of social and politic tahun 2013

Susanto Feri Eko “Otomatisasi Menitoring Air Condition Berbasis Arduino dan SMS Gateway†(sidoarjo,2018)

Syamsudin†Penerapan fungsi-fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikanâ€JURNAL IDAARAH, (VOL. I, NO. 1, Juni 2017)

Wawancaara dengan pengurus Masjid Baitul Ihsan Bapak Arifin pada tanggal 19 Oktober 2018, pukul 12.30, bertempat di Masjid Baitul Ihsan