Manajemen Operasi Program Khutbah Jum’at Di Masjid Al Akbar Surabaya

Hari Santoso Wibowo, shokiful aziz, Bambang Subandi

Abstract


ABSTRACT

The function of the mosque in the history of its emergence is indeed not merely for "the place of prostration" as it literally means, but it has many functions. The mosque has another main function which is as a place of worship in preaching the values of Islam in people's lives. One form of syi'ar that can be performed in a mosque is the Friday Prayer. The purpose of this research is to describe the production management process of the Friday sermon program and the object of the Al Akbar National Mosque in Surabaya. This research uses a qualitative method with a Case Study approach. This study uses data collection techniques through interviews, observation and documentation. The data obtained came from the Chairman of Takmir / Managing Director, Head of Da'wah Division and several parties expected to be related to the program. Implementation of production management in the preparation of the Friday sermon program through several stages including the search for ideas through internal deliberations of the directorate of Imarah and the field of Da'wah, Selection of the preacher through qualification standards, Khatib Testing and Evaluation, the design of the sermon, the final design of the sermon.

ABSTRAK

Fungsi masjid dalam sejarah kemunculannya, memang tidak sekedar untuk “tempat sujud” sebagaimana makna harfiahnya, tetapi memiliki banyak fungsi. masjid memiliki fungsi utama lainnya yaitu sebagai tempat syiar dalam mendakwahkan nilai – nilai Islam dalam kehidupan masyarakat. Salah satu bentuk syi’ar yang bisa dilaksanakan di masjid adalah shalat Jum’at. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menggambarkan proses manajemen produksi program khutbah Jum’at dan yang menjadi objeknya Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh berasal dari Ketua Takmir/Direktur Utama, Kepala Bidang Dakwah  dan beberapa pihak yang diperkirakan terkait dengan program tersebut. Implemantasi manajemen produksi pada penyusunan progam khutbah jumat melalui beberapa tahapan diantaranya pencarian gagasan melalui musyawarah internal direktorat Imarah dan bidang Dakwah, Seleksi Khatib melalui standar kualifikasi, Pengujian dan Evaluasi Khatib, Desain khutbah, Desain akhir khutbah.


Keywords


Khutbah Jumat; manajemen produksi

Full Text:

PDF

References


Almasri, M. Nazar. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Imlementasi Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian sosial keagamaan. 19 (2)

Arikunto, Suharismi.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Eka Sari, Aprilia. 2014. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Spontan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. 13 (1): 55-73

Hamdan, Yusuf. 2017 . Karakteristik Khutbah Jum’at di Mesjid Kampus: Perspektif Komunikasi. Jurnal MediaTor. 8 (2): 353

Handoko, T. Hani. 1990. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. BPFE. Yogyakarta

H Purwanto. 2009. Teknologi Pengolah Hasil Pertanian. Jurnal Mediagro. 5 (1): 15-19

Iskandar,Jamaluddin. 2017. Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Jurnal Idarah. I (1): 8

J. Moleong, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif . Rosda karya. Bandung

Laksmi Saraswati , Made, Pradhanawati, Ari dan Hidayat, Wahyu. Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Kampung Batik Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.

Meri Andri, Rogantina. 2017. Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran”. Jurnal Ilmiah Research Sains. 3 (1):

Muhammad, Arni. 1995. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara. Jakarta

Muslim, Aziz. 2004. Manajemen Pengelolaan Masjid. Jumal Aplikasi llmu-ilmu Agama. 5(2):

Nurhaena. 2010. Pengantar Bahasa Indonesia. C.V Permata Ilmu. Palopo

Purwanto. 2005. Arti Dan Peranan Sumberdaya Manusia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 2 (2)

Sarjono, dkk. 2004. Panduan Penulisan Skripsi. Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Sawir, Agnes. 2015. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Gramedia Pustaka. Jakarta

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung

Suherman, Erman. 2012. Manajemen Masjid (Kiat Sukses Meningkatkan Kualitas SDM Melalui Optimalisasi Kegiatan Umat Berbasis Pendidikan Berkualitas Unggul). Alfabeta . Bandung

Syamsul, Kurniawan. 2014. Masjid Dalam Lintasan Sejarah Umat Islam. Jurnal Khatulistiwa- Journal of Islamic Studies. 4(2):

Wardiah, Nurilda. 2003. Pengembangan Produk Baru dan Model-model Evaluasi produk baru. Jurnal Manajemen Maranatha. 2:

Warouw, Christiana. Nangoy, Sintje. S. Saerang, Ivonne.2016. Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16 (2):

Zahro, Aminatuz. 2016. Khutbah Jum’at Sebagai Media Dakwah Strategis. Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam. 2(1):

Nugroho. A. 2018. Studi Metode Dakwah Ceramah persuasif yang Digunakan Ustadz Jamil di Masjid At-Tauhid Betiting Surabaya Pada Pengajian Kiab Al-Wajiz fi Fiqh Sunnah. Masjiduna: Jurnal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah. Vol 1 (1) : 1-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.52833/masjiduna.v2i2.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lihat Statistik Masjiduna Jurnal View MyStat