Strategi Komuikasi Dakwah Ustadz Muhammad Sholeh Drehem

Adityo Nugroho (1)
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) AR-Rahmah Surabaya
Fulltext View | Download
How to cite (IJASEIT) :
Nugroho, A. (2020). Strategi Komuikasi Dakwah Ustadz Muhammad Sholeh Drehem. Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah, 3(1), 16–29. https://doi.org/10.52833/masjiduna.v3i1.59

ABSTRACT

In dakwah communication, as a communicator a preacher should have methods or ways so that the message could be delivered to the Jamaah. Ustadz Muhammad Sholeh Drehem delivers his speech through  radios and  medias, he has more than other speakers who deliver their preach daily at Ar Rahmah Perak Surabaya, his strategy draws attention to researcher to conduct the research about what kind of strategy or ways implemented by Ustadz Muhammad Sholeh Drehem  to deliver his preach and how he overcomes the problems he faces.

The purpose of this reseach is to find out what  communication strategy implemented by Ustadz Muhammad Sholeh Drehem at Ar Rahmah mosque, how Ustadz faced his problems. This reseach is a qualitive descriptive kind of reseach which uses three techniques of data collection, through observation, interview, and documentation. The conclusion of the reseach are that Ustadz’s strategy target determination, the determinstion of ways in communication, identification of the jamaahs, source credibility, the Jamaah’s history and feelings, also the media election are quite well. Yet there are problems still, psychology problem, anthropological problem, semantic problem, mechanical problem, and ecological problem.

ABSTRAK

Dalam komunikasi dakwah, seorang da’i adalah sebagai komunikator dakwah diharuskan mempunyai metode atau cara supaya pesan dakwahnya dapat diterima dengan baik oleh jama’ah atau mad’unya. Ustadz Muhammad Sholeh Drehem berdakwah dengan menyampaikan pesan dakwahnya melalui kajian di dalam dan diluar masjid, beliau juga menyampaikan pesan dakwahnya melalui radio, dan media lainnya. Ustadz memiliki jama’ah yang lebih banyak dibandingkan dengan pengisi kajian rutin lainnya di Masjid Ar Rahmah Perak Surabaya. Hal inilah yang menarik perhatian peneliti untuk menelusuri tentang bagaimana strategi komunikasi dakwah Ustadz Muhammad Sholeh Drehem dan apa hambatan hambatannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi komunikasi yang di lakukan oleh Ustadz Muhammad Sholeh Drehem di masjid Ar Rahmah dan bagaimana Ustadz Muhammad Sholeh Drehem dalam menghadapi hambatan hambatan dakwahnya. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan menggunkan tiga teknik pengumpulan data, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa strategi Ustadz Muhammad Sholeh Drehem penentuan sasaran, penentuan cara berkomunikasi, kredebilitas sumber, mengidentifikasi jama’ah, latar belakang jama’ah, perasaan jama’ah, pemilihan media. Adapun hambatannya yaitu hambatan psikologis, hambatan antropologis, hambatan simantik, hambatan mikanis, hambatan ekologis

Al-Qur’an Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah

Armawati Arbi, 2012, Psikologi Komunikasi dan Tabligh, (Cet 1, Jakarta, Amzah)

Asmuni Syukir, 1983, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, (Surabaya, Al-Ikhlas)

Daryanto & Abdullah, MBA, 2013, Pengantar Ilmu Manajemen dan Komunikasi, (Jakata, PT. Prentasi PUstadzakaraya)

Falimu, 2017, Etika Komunkasi Pegawai Terhadap Pelayanan Penerbitan Pajak Bumi dan Bangunan, (Jurnal Komunikasi, Volume 9, No 1)

Fandy Tjiptono, 2008, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta,:Andi Offset).

Lexy.J. Moleong, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Mahmuddin, 2013, Strategi Dakwah Terhadap Masyarakat Agraris, (Jurnal Volume 14).

Muhammad Rasyid Ridla, 2008, Perencanaan Dalam Dakwah Islam, (Jurnal Dakwah, volume 9).

Markama, 2014, Komunikasi Dakwah Efektif Dalam Perspektif Al-Qur’an, (Jurnal Studia Islamika, Volume 11, No 1).

Mochammad Ammar Faruq & Indrianawati Usman, 2014, Penyususnan Strategi Bisnis dan Strategi Usaha Kecil dan Menengan Pada Perusahaan Konveksi Scissors di Surabaya, (Jurnal Manajemen dan Teori Penerapan, tahun 7, No 3).

Mukhtar, 2013, Metode Penelitian Deskriptif, (Jakarta: Referensi GP Press Group).

Nur Wahidah Alimuddin, 2007, Konsep Dakwah Dalam Islam, (Jurnal, volume 4).

Onong Uchjana Effendy,2006, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya)

Restiawan Pernama, 2013, Strategi Komunikasi Dakwah Band Wali dalam Lagu Cari Berkah, (Jurnal Komunikasi Dakwah, volume 3, No 1).

Rully Indrawan & Poppy Yaniawati, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Dan Campuran, Bandung

Samsul Munir Amin, 2009, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Amzah)

Slamet, 2009, Efektifitas Komunikasi Dalam Dakwah Persuasif, (Jurnal Dakwah, Volume 10, No 2)

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendidikan, (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D), (Bandung: Alfabeta).

Siti Rahma Nurdianti, 2014, Analisis Faktor-Faktor Hambatan Komunikasi dalam Sosialisasi Program Keluarga Berencana pada Masyarakat Kebon Agung Samarinda, (Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 2 No 2).

Taqwa Nur Ibad, 2017, Jama’ah Lahar Mania Sebagai Perwujudan Strategi Dakwah Dalam Memperbaiki Prilaku Remaja, (Jurnal, Volume 3).

Wahidin Saputra, 2011, Pengantar Ilmu Dakwah, (Jakarta: PT Rajagrafindo persada).

Wahyu Ilaihi, 2010, Komunikasi Dakwah, (Bandung, Cet 1, PT Remaja Rosdakarrya).

Wafiq Agustyo, 2017, Strategi Komunikasi Komunitas Retic dalam Membentuk Prilaku Peduli Terhadap Kelestarian Hewan Berjenis Reptil di Pekan Baru, (Jurnal FISIP, Volume 4, No 1).

Yunus Hanis Syam/Muafi, 2007, Manajemen Dakwah Dengan Tulisan Sebuah Peluang, (Yogyakarta: Panji Pusaka).

Nugroho. A. 2018. Studi Metode Dakwah Ceramah persuasif yang Digunakan Ustadz Jamil di Masjid At-Tauhid Betiting Surabaya Pada Pengajian Kiab Al-Wajiz fi Fiqh Sunnah. Masjiduna: Jurnal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah. Vol 1 (1) : 1-16.