Analisis Program Go House Dalam Membentuk Keluarga Qur'ani (Studi Kasus Masjid Ar-Rahmah Surabaya)

M. Syukur Ifansyah, Abdurrahman Dwisona, Shobikhul Qisom

Abstract


Program one house one ustadz (Go House) yang di kembangkan oleh Masjid Ar-Rahmah Surabaya merupakan program pengiriman ustadz ke beberapa rumah masyarakat untuk mengajarkan Al-Qur’an. Keunggulan dari program ini adalah peserta bebas menentukan jadwal untuk belajar sesuai dengan kesepakatan dengan pengurus masjid. Selain itu, program ini juga tidak dikenakan tarif atau biaya sedikitpun, dengan harapan mampu memudahkan masyarakat sekitar dalam belajar Al-Qur’an, meskipun dengan keterbatasan ekonomi dan juga waktu. Penelitian ini mencoba untuk mengurai manajemen yang diterapkan dalam program Go House guna membentuk keluarga qur’ani. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan study kasus yang dilaksanakan di masjid Ar-Rahmah Jl Teluk Buli 1 Nomor 3/5/7 Kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan adanya program go house jumlah jama’ah Masjid Ar Rahmah meningkat di setiap kegiatannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa program go house berhasil dalam membentuk keluarga qur’ani. Harapan peneliti kedepannya program Go House ini semakin banyak di kloning oleh masjid-masjid lainnya, karena kebangkitan islam hanya akan diraih dengan membentuk keluarga-keluarga qur’ani.


Keywords


keluarga qur’ani; manajemen program; program

Full Text:

PDF

References


Aliyuddin, M. (2009). Pengembangan masyarakat Islam dalam sistem dakwah islamiyah. Jurnal Ilmu Dakwah, 4(14), 779.

Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen (1st ed.). Mitra Wacana Media.

Bertens. (2017). Filusuf Filusuf Besar Tentang Manu-sia. PT Grand Media Pustaka Utama.

Blonna, R. (2011). Coping with Stress in a Changing World (5th editio). McGraw-Hill Education - Europe.

Deschermeier, Hude, H., & Voigtländer. (2016). A first analysis of the new German rent regulation. International Journal of Housing Policy. 16(3), 293–315.

Fadila, R., & Irmawita, I. (2018). Gambaran rasa percaya diri warga belajar pada program pen-didikan keaksaraan fungsional di PKBM Diknaker. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(4), 523. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i4.101665

Fauzi, & Irviani, R. (2018). Pengantar Manajemen (Revisi). Andi Yogyakarta.

Feriyanto, Andri, & Triana, E. S. (2015). Pengantar Manajemen. Mediatera.

Hasan, & Shadliy. (2003). Sosiologi untuk Masyarakat Indonesia. Bina Aksara.

Hasibuan, M. (2014). Manajemen: Da-sar,Pengertian,Dan Masalah. Bumi Aksara.

Indartono, & Setyabudi. (2005). Pengantar Mana-jemen. Universitas Negeri Yogyakarta.

KBBI Daring. (2016a). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengelolaan

KBBI Daring. (2016b). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/prinsip

KBBI Daring. (2016c). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/faktor

Martinsuo, M., & Hoverfält, P. (2018). Change program management: Toward a capability for managing value-oriented, integrated multi-project change in its context. International Jour-nal of Project Management, 36(1), 134–146. https://doi.org/10.1016/J.IJPROMAN.2017.04.018

Miterev, M., Engwall, M., & Jerbrant, A. (2016). Exploring program management competences for various program types. International Journal of Project Management, 34(3), 545–557. https://doi.org/10.1016/J.IJPROMAN.2015.07.006

Muhajir As’aril. (2011). Ilmu Pendidikan. Ar Ruzz-media.

Mulyono. (2017). Analisis Faktor Pendorong Dan Faktor Penghambat Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Kelurahan Pondok Kacang Timur Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Se-latan. Mozaik.

Nashir, H. (1997). Agama & Krisis Kemanusiaan Modern (1st ed.). pustaka pelajar.

Pedak, M. (2008). Metode Supernol menaklukkan stress (Muhajirin (Ed.)). Hikmah (PT Mizan Publika).

Rifa’i, M., & Fadhli, M. (2013). Manajemen Organ-isasi (C. Wijaya (Ed.)). Citapustaka Media Per-intis.

Yuwono, S. (2010). Mengelola stres dalam perspek-tif islam dan psikologi. Psycho Idea, 8(2), 14–26.




DOI: http://dx.doi.org/10.52833/masjiduna.v4i1.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lihat Statistik Masjiduna Jurnal View MyStat