Manajemen Pelayanan Publik Program Kajian Rutin Masjid Alumni IPB Kota Bogor

Muhammad Ikmal Nurman, Isa Saleh

Abstract


Masjid merupakan tempat sentral bagi kaum muslimin. Fungsi dan keberadaannya merupakan sumber penyebaran syiar keilmuan islam yang menyeluruh. Masjid Alumni IPB Kota Bogor adalah salah satu masjid yang memberikan layanan publik dengan salah satunya mengadakan program kajian rutin. Adapun penelitian skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi manajemen diberlakukan untuk menjalankan program layanan publik berupa kajian rutin dan penerapan standar layanan pada program kajian rutin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengolahan datanya secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. sumber data dari penelitian ini adalah segenap pengurus Masjid Alumni IPB Kota Bogor dan beberapa jamaah masjid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, program kajian rutin sudah menerapkan fungsi manajemen berupa planning, organizing, actuating, dan controlling. Kedua, standar pelayanan kajian rutin diterapkan dengan membangun kons

Keywords


Manajemen, Masjid Alumni IPB Kota Bogor, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Aisyah N. Handryant. (2010). Masjid sebagai pusat pengembangan masyarakat. UIN-Maliki Press.

Belly, E., Joorie, N., Ruru, M., & Mambo, R. (2018). Efektivitas Pelayanan Publik Pasca Pemekaran. In JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK (Vol. 4, Nomor 64).

Cresswell, J. W. (1998). Five Qualitative Traditions of Inquiry. In Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions. SAGE Publications.

Firdausijah, R. T., & Priatna, A. (2020). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 58–63.

Goffar, A. (2016). Manajemen Dalam Islam (Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits). Islamic Academika, 3(1), 33–58. https://doi.org/10.230303/STAIATTAQWA.V3I1.18

Lembaga Administrasi Negara. (2009). Standar Pelayanan Publik: Langkah-langkah Penyusunan. Pusat Kajian Manajemen Pelayanan LAN.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (36 ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Muslim, A. (2005). Manajemen Pengelolaan Masjid. Jurnal Aplikasi Llmu-Ilmu Agama, 5(2), 105.

Rahmah, S., Fakultas Tarbiyah, Z., Keguruan, D., & Malikussaleh, I. (2019). Analisis Konsep-Konsep Dasar Manajemen Berbasis Al-Qur’an dan Relevansinya dengan Manajemen Pendidikan Islam. In PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN (Vol. 8, Nomor 1). https://doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4592

Ratminto. (2017). Pelayanan Prima: Pedoman Penerapan Pelayanan A Sampai Z. Gadjah Mada University Press.

Rezkisari, I. (n.d.). Jumlah Masjid Indonesia Terbanyak di Dunia | Republika Online.

Wijaya, C., & Rifa’i, M. (2016). Dasar Dasar Manajemen: Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efesien. Perdana Publishing.

Zainal. (2021). Wawancara dengan Badan Pengurus.




DOI: http://dx.doi.org/10.52833/masjiduna.v4i2.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lihat Statistik Masjiduna Jurnal View MyStat