Wajah Penyelenggaraan Umrah Provinsi Di Jawa Timur Pada Masa Pandemi Covid-19

Airlangga Bramayudha, Devi Yolanda Oktavia, Khairun Nisa' Bariza, Zahroatul Iftitah N. R

Abstract


Pandemi Covid 19 yang telah dan sedang berlangsung dua tahun yaitu semenjak akhir 2019 sampai saat penelitian ini berlangsung yaitu menjelang akhir 2021 berdampak luas. Sebagai akibat dari kebijakan keamanan dan protokol kesehatan, banyak pembatasan aktivitas. Perjalanan lokal, nasional dan internasional menjadi terhambat bahkan terputus. Tak terkecuali terkait penyelenggaraan Umrah, Indonesia sebagai salah satu negara berpenduduk Muslim terbanyak di dunia terkena imbas yang cukup signifikan yaitu pemberangkatan Ibadah Umrah dihentikan kecuali yang sempat pernah dibuka pada bulan-bulan akhir 2020 dan awal 2021 ketika ada kecenderungan pandemi melandai, tapi kemudian ditutup kembali sampai sekarang (Oktober 2021). Dari latar belakang tersebut tentu timbul pertanyaan bagaimana Penyelanggaraan Umrah di wilayah Jawa Timur pada Masa Pandemi Covid 19? Penyelenggaraan Umrah di Jawa Timur sebagai salah satu Provinsi dengan Umroh terbanyak di Indonesia tentu bisa menjadi salah satu barometer dan pembelajaran tentang bagaimana Penyelenggaraan Umrah secara Nasional bahkan mungkin Internasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data dari wawancara Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur dan Seksi PHU di Kabupaten/Kota di Jawa Timur dengan mengambil Kabupaten Sampang, Kabupaten Jombang dan Kabupaten Kediri sebagai sampelnya. Hasil dari penelitian ini menggambarkan mulai dari alasan pembatalan, kronologi, perkembangan terkini, dampak dan solusi yang tejadi pada Penyelenggaraan Umrah di Provinsi Jawa Timur pada masa Pandemi Covid 19.


Keywords


Penyelenggaraan Umrah, Pandemi Covid 19, Jawa Timur

Full Text:

PDF

References


AM Asykur, D Zulkarnain, D Darlinus. “Dampak Covid-19 terhadap Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di Kota Bengkulu”. Jurnal SEMJ. 2021.

AY Niamudin. “Standar Operasional Prosedur Pelayanan Jamaah Ketika Pandemi Covid-19 di Kantor Pusat Shafira Tour and Travel Surabaya”. Skripsi. 2021.

Bungin, Burhan. 2001. Metode Penelitian Sosial : Format-Format Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Universitas Airlangga

Zoom Meeting Ditjen PHU Oktober 2021

DT Suhesti, NF Amalia, R Ertama. “Strategi Manajemen Pemasaran Paket Umrah Era New Normal”. Jurnal SEMB-J. 2021.

Iryana, Riski Kawasati. Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Jurnal Ekonomi Syariah STAIN Sorong.

Keputusan Menteri Agama Nomor 719 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Ibadah Umrah pada Masa Pandemi

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 396 Tahun 2003 Tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Lexy J, Moelong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya. M. Muslimin. “Pengaruh Pandemi Covid 19 2020 Terhadap Jamaah Haji dan Umrah”. Jurnal UPNV. 2021.

Nany Hairunisa, 2020. Review : Penyakit Virus Corona Baru 2019 (Covid-19), Jurnal Biomedika dan Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti.

Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Pedoman Tatalaksana Covid-19, 2020.

RM Faiz Kamal. “Perlindungan Konsumen Biro Jasa Umrah Terdampak Covid-19 Perspektif UU No.8 Tahun 1999 dan Maqashid Al Syariah”. Skripsi UIN

Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2021. Satgas Covid 19, Boklet Covid 19, 2021

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supardi. 2006. Metodologi Penelitian. Mataram : Yayasan Cerdas Press




DOI: http://dx.doi.org/10.52833/masjiduna.v5i1.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lihat Statistik Masjiduna Jurnal View MyStat