Faktor Kepuasan Jamaah Shalat Jumat Masjid Babussalam Probolinggo

Andik Khoirul Iman, Sobikhul Qisom

Abstract


 

Dalam penguatan kelembagaan masjid, perlu diterapkan praktik manajemen yang tepat. Itu akan berkontribusi pada peningkatan kinerja masjid. Diantaranya adalah penyiapan fasilitas mulai dari kebersihan tempat ibadah hingga tempat parkir, kesiapan sound system, pemilihan khatib dan imam yang profesional, serta pelayanan untuk kebutuhan jemaah lainnya. Memperhatikan kepentingan jamaah dengan melihat tingkat kepuasan mereka menjadi kunci keberhasilan dakwah masjid di era persaingan saat ini. Karena tidak sedikit masyarakat yang datang ke masjid untuk sholat berjamaah hanya pada saat sholat jum'at saja, masjid perlu memberikan kesan yang baik dan pelayanan yang memuaskan terutama dalam hal pelaksanaan sholat jum’at. Penelitian bertujuan untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi masjid terhadap tingkat kepuasan jamaah shalat Jum’at. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dilakukan pada Bulan November-Desember 2020 di Masjid Babussalam Probolinggo. Data diperoleh dengan pengisian angket survey kepada 88 orang responden jamaah shalat Jumat Masjid Babussalam Probolinggo. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t untuk pengaruh independen setiap variabel dan uji anova serta R2 untuk uji pengaruh simultan, memberikan kesimpulan bahwa: pertama, masing-masing faktor kualitas pelayanan dan fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan jamaah shalat Jum’at di Masjid Babussalam Probolinggo, sedangkan lokasi tidak berpengaruh signifikan. Kedua, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan shalat Jum’at berjamaah di Masjid Babussalam Probolinggo. Implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pengurus masjid agar kualitas pelayanan dan fasilitas selalu diperhatikan dalam pengelolaannya untuk memuaskan jamaah masjid.

 


Keywords


Fasilitas, Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Masjid

Full Text:

PDF

References


Al-Jifari, M. B. Q. (2007). Agar Shalat Tak Sia-Sia. Pustaka Iltizam.

Al Rasid, H. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Ecodemica Journal, 1(2), 210–224.

Dharmawansyah. (2017). Pengaruh Experiential Marketing dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Jurnal Ecodemica. Management Analysis Journal, 1(2), 258.

Fitriani. (2017). Kontribusi Khutbah Jum’at Dalam Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama Di Masyarakat. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 5.

Jaafar, A., & dkk. (2013). A Proposed Model for Strategic Management (SM) and Mosque Performance (MP) in Mosque Management. International Journal of Real Estate Studies, 1(3), 29–35.

Kotler, P., & Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13 ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran (12 ed.). PT. Indeks.

Nugraha, F. (2016). Manajemen Masjid (Panduan Pemberdayaan Fungsi-fungsi Masjid). Lekkas.

Premananto, G. C. (2018). Shalat Jamaah Based Management. Airlangga University Press.

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing.

Tjiptono, F. (2008). Service Management. Mewujudkan layanan Prima. Edisi I. Andi.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran (3 ed.). Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Strategi Pemasaran. Andi.

Zafirah, A. M., & dkk. (2016). Key Drivers Of Sustainable Facilities Management (FM) Practice For Mosques in Malaysia. International Journal of Real Estate Studies, 10(1), 33–43.




DOI: http://dx.doi.org/10.52833/masjiduna.v4i2.95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lihat Statistik Masjiduna Jurnal View MyStat