Kualitas Pelayanan Biro Konsultasi Keluarga Sakinah Masjid Alfalah Surabaya

Abdullah Azzam Alfath, Herma Musyanto

Abstract


Kualitas pelayanan di sebuah lembaga penting dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga dapat menimbulkan rasa puas serta kepercayaan terhadap lembaga. Terutama pada organisasi nirlaba kualitas pelayanan bermanfaat untuk memuaskan pelanggan dalam jangka waktu yang panjang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang Kualitas Pelayanan Biro Konsultasi dan Konseling Keluarga Sakinah di Masjid Al-Falah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di Masjid Al-Falah Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan aspek Tangible (Bukti fisik), Reliability (Keandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Emphaty (Empati) pada Konsultasi Keluarga Sakinah di Masjid Al-Falah Surabaya secara keseluruhan sudah sesuai dengan ekspetasi pelanggan dalam pelayanannya. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi segenap pengurus Masjid Al-Falah Surabaya untuk mempertahankan serta meningkatkan kualitas pelayanan pada Biro Konsultasi Keluarga Sakinah, sehingga program masjid akan menjadi lebih baik lagi.

Kata kunci : Kualitas pelayanan, Manajemen, Masjid


Full Text:

PDF

References


Cahyawati, L. R. (2017). Implementasi Pelayanan Prima di Sekolah MenngahKejuruan. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 67–74. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1941/1157

Habiburrohman, M. R. (2020). PERSEPSI DAN RESPON MASYARAKAT JAMAAH MASJID JOGOKARIYAN MENGENAI IMPLEMENTASI MASJID SEBAGAI SARANA PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH. 1–72.

Hasnih, Gunawan, H. (2016). Pengaruh Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Management, 2(2), 426–445. file:///C:/Users/Zahrah andini/Downloads/24-74-1-PB.pdf

Hentika, N. P. (2016). MENUJU RESTORASI FUNGSI MASJID: ANALISIS TERHADAP HANDICAP INTERNAL TAKMIR DALAM PENGEMBANGAN MANAJEMEN MASJID. Membangun Profesionalisme Keilmuan, 161–177.

https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id

IMF. (2021). Meski Renovasi, Konsultasi Pernikahan Masjid Istiqlal Tetap Buka. Masjiduna.Com. http://masjiduna.com/meski-renovasi-konsultasi-pernikahan-masjid-istiqlal-tetap-buka/

Kirawan, W. A. (2019). ANALISIS PELAKSANAAN MEDIASI DALAM MENYELESAIKAN PERSELISIHAN ANTARA SUAMI ISTRI OLEH BP4 DI KUA KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA. 1–82.

Lia. (2021). Biro Konsultasi & Konseling Keluarga Sakinah (BKSF). Masjidalfalah.or.Id. https://www.masjidalfalah.or.id/bksf/

Novita, S. E. M. (2015). KONSELING KELUARGA DALAM MENGATASI PROBLEM PERCERAIAN. 1–79.

Nurhasanah, S., Rifa, A. B., & Rahman, A. (2018). Strategi Pelayanan Prima KBIH dalam Meningkatkan Kualitas Bimbingan Ibadah Haji. Manajeman Dakwah, 3(1), 34–49. http://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/tadbir/article/view/156/64

Perdana, D. A. (2019). STRATEGI TAKMIR MASJID DALAM MENINGKATKAN TRUST DAN INTEGRITAS PADA MASYARAKAT: STUDI DI DESA OLUHUTA KABUPATEN BONE BOLANGO. Jurnal MD: Membangun Profsionalsme Manajemen Dakwah, 5(2), 181–203. http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/JMD/article/viewFile/1719/1270

Rifa’i, A. (2016). Revitalisasi Fungsi Masjid Dalam Kehidupan Masyarakat Modern. Universum, 10(2), 155–163. https://doi.org/10.30762/universum.v10i2.256

Rosie. (2019). LAYANAN KONSULTASI KELUARGA SAKINAH AT-TAQWA CIREBON. Attaqwacirebon.Com. https://attaqwacirebon.com/at-taqwa-buka-layanan-konsultasi-keluarga-sakinah/

Said, N. M. (2016). Manajemen Masjid ( Studi Pengelolaan Masjid Agung Al-Azhar Jakarta ). Jurnal Tabligh, 84–96.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Suwito (ed.); Cetakan ke). K E N C A N A Jl. Tambra Raya No. 23 Rawamangun - Jakarta 13220 Telp: (021) 478-64657 Faks: (021) 475-4134. https://id.id1lib.org/book/14021842/4c8f06/?wrongHash




DOI: http://dx.doi.org/10.52833/masjiduna.v5i1.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lihat Statistik Masjiduna Jurnal View MyStat