Etika Komunikasi Islam Dalam Mensikapi Berita Hoax di Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.52833/masjiduna.v1i1.24Abstract
Studi kasus tentang persepsi dan sikap jamaah masjid al-ukhuwwah perum permata sukodono Raya terhadap berita hoax. Berita hoax ini merupakan berita yang meresahkan umat maka peneliti meneliti apakah pengaruh berita hoax ini bisa mempengaruhi sikap para jamaah terhadap dakwah yang disampaikan. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang bertujuan menjelaskan fenomena yang ada dengan menggunakan angka-angka untuk mendeskripsikan karakteristik individu atau kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kedewasaan persepsi jamaah masjid Al Ukhuwwah yang lebih mengedepankan sikap kehati-hatian untuk mau mencegah diri tidak melakukan sesuatu yang membahayaan buat dirinya maupun orang lain. Dan ini sejalan dengan prinsip-prinsip yang diajarkan dalam Islam dan telah di fatwakan oleh MUI yaitu Fatwa No 24 Th 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial.
Kata kunci: etika komunikasi islam
Pendahuluan
Downloads
References
Khan GF, Swar B, Lee KS. (2013). Social Media Risks and Benefits: A Public Sector Perspective. Korea TECH, Korea.
Mardalis, Metode penelitian suatu pendekatan proposal, (Jakarta:Bumi Aksara,1995),h 67
http://nasional.kompas.com/read/2017/01/05/23013481/50.ahli.it.akan.perkuat.badan.siber.nasional
http://journal.untar.ac.id/index.php/jmishumsen/article/view/330
http://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/knist/article/view/474
h12ttp://journal.walisongo.ac.id/index.php/dakwah/article/view/1774
http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/LONTAR/article/view/360
http://jurnal.fisip.unila.ac.id/index.php/sefila/article/view/404
https://ppidkemkominfo.files.wordpress.com/2017/06/fatwa-nomor-24-2017-ttg-medsos.pdf






