KUALITAS LAYANAN MASJID UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN JEMAAH
Enhancing Mosque Service Quality to Increase Jemaah Satisfaction
DOI:
https://doi.org/10.52833/masjiduna.v8i1.255Keywords:
kualitas layanan, kepuasan, masjidAbstract
Meningkatkan kualitas layanan di suatu organisasi nirlaba sangat penting untuk mencapai kepuasan pelanggan sehingga dapat menimbulkan kepedulian, rasa puas dan kepercayaan. Kualitas layanan yang baik dapat memberikan manfaat kepada pelanggan dan menjaga hubungan jangka panjang. Masjid Ash Shobiriin Rungkut, Surabaya telah menerapkan layanan yang baik kepada jemaahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 102 jemaah yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Temuan ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan jemaah hal ini dibuktikan analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa 84.6% kepuasaan jemaah mampu dijelaskan oleh kualitas layanan. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 15.4% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial (individu) pada variable tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan jemaah. Hasil penelitian ini berimplikasi bahwa pengurus masjid seharusnya memberikan kualitas yang baik dalam memberikan layanan kepada jemaah masjid sehingga dapat memberikan efek yang baik bagi masjid.
References
Fandy Tjiptono. (2022). Service Managemen Mewujudkan Layanan Prima.
Ikhwan, A. (2013a). Optimalisasi peran masjid dalam pendidikan anak: Perspektif makro dan mikro. Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–16.
Ikhwan, A. (2013b). Optimalisasi peran masjid dalam pendidikan anak: Perspektif makro dan mikro. Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–16.
Jannah, R. K. (2019). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) dan Kualitas Pelayanan Sebagai Upaya Mempertahankan Loyalitas Jamaah Umrah di Intanaya Tour and Travel. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Kasturiani Rita. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh Pt. Barokah Jaya Tour And Travel Madiun.
Mohebifar, R. et al. (2016). Evaluating Service Quality from Patients‟ Perceptions: Application of Importance–performance Analysis Method‟, Osong Public Health dan Research Perspectives, 7(4), pp. 233–238. doi:10.1016/j.phrp.2016.05.002.
Nasution Dolil. (2020). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Jamaah Masjid Agung Ar Rahman Kota Pekanbaru.
Nugraha F. (2016). Manajemen Masjid (Panduan Pemberdayaan Fungsi-fungsi Masjid).
Praestuti, C. (2020). Marketing mix terhadap kepuasan konsumen pada mama-mama penjual noken di oyehe kabupaten nabire. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 21–24.
Qisom, S., & Iman, A. K. (2021). Faktor Kepuasan Jamaah Shalat Jumat Masjid Babussalam Probolinggo. Masjiduna: Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah, 4(2), 39–46.
Saputra, A., & Kusuma, B. M. A. (2017). Revitalisasi masjid dalam dialektika pelayanan umat dan kawasan perekonomian rakyat. Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 1(1), 1–16.
Saputra Ari, & Mitra Bayu Adhyatma Kusuma. (2017). Revitalisasi Masjid Dalam Dialektika Pelayanan Umat. 1(1), 2. www.republika.co.id
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2020). Service management mewujudkan layanan prima.
Widad, A. L., Pauji, E. R., & Prayoga, A. (2020). Manajemen Pelayanan Perspektif Al-Quran Dan Hadits.
Miyah: Jurnal Studi Islam, 16(2), 364–372.
Yamit, Z. (2013). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hari Santoso Wibowo, Muhammad Dhiaul Haq, Isa Saleh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.