INOVASI MANAJEMEN DAKWAH DI ERA DIGITAL PADA KOMUNITAS HIJRAH BOOSTERS
Innovation In Da'wah Management In The Digital Era For The HijrahBoosters Community
DOI:
https://doi.org/10.52833/masjiduna.v8i1.258Keywords:
Inovasi dakwah, media sosial, era digital, strategi konten, komunitas Hijrah Boosters.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi manajemen dakwah di era digital yang diterapkan oleh komunitas Hijrah Boosters, sebuah komunitas dakwah yang aktif memanfaatkan teknologi komunikasi modern. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkaji strategi yang digunakan komunitas dalam memanfaatkan media sosial untuk menyebar-kan pesan-pesan keislaman yang relevan dengan generasi muda. Data penelitian diperoleh melalui observasi aktivitas daring, analisis konten, dan wawancara mendalam dengan pengurus komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hijrah Boosters mengadopsi beragam inovasi, seperti penggunaan platform populer Instagram, Facebook, dan Threads, yang dipadukan dengan fitur-fitur interaktif seperti live streaming, polling, reels, dan story interaktif. Strategi ini dirancang untuk membangun keterlibatan audiens secara berkelanjutan dan memperluas jangkauan dakwah. Komunitas juga menerapkan manajemen kon-ten yang terstruktur, meliputi perencanaan materi, penjadwalan unggahan secara konsisten, dan evaluasi rutin terhadap respons audiens. Meskipun demikian, komunitas menghadapi sejumlah tantangan, di antaranya persaingan konten dakwah dengan komunitas atau influencer lain, serta perubahan algo-ritma media sosial yang memengaruhi visibilitas unggahan. Tantangan tersebut diatasi dengan melakukan penyesuaian strategi berbasis data, meningkatkan kualitas visual dan pesan, serta berkolaborasi dengan tokoh atau komunitas lain untuk memperluas jejaring. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pent-ingnya inovasi, adaptasi, dan konsistensi dalam dakwah digital. Temuan ini juga menegaskan bahwa keberhasilan dakwah di era modern sangat bergantung pada kemampuan mengelola media digital secara kreatif dan responsif terhadap dinamika platform yang digunakan.
References
Andini, I. P. (2023). Perubahan Dakwah Di Era Digital. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial,Hukum, Dan Humaniora, 1(2), 307.
Dwi, P. dan. (2023). Efektivitas Dakwah Dalam Channel Telegram Materi Uyunul Masaail Linnisa’ Terhadap Pemenuhan Informasi Fikih Kewanitaan. Undergraduate (S1) thesis IAIN Kediri.
Erwin. (2024). SOCIAL MEDIA MARKETING TRENDS. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Fahmi, J. A. and I. (2019). Media Sosial Dalam Mempengaruhi Perilaku Keberagaman Siswa Dan Solusinya Melalui Pendidikan Agama Islam. Wahana Karay Ilmiah_pascasarjana (S2) PAI Unsika, 3(1), 1& 8.
Hafiza, G. (n.d.). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah Pada Akun @hijabalila. Universitas Islam Bandung.
Khalid, I. (2017). Akar-akar Dakwah Islamiyah (Akidah,Ibadah
Kusumawati, S. P. (2022). Penyampaian Dakwah islam Di Media Sosial Bagi Generasi z. Al-Insan, 3(1), 4.
Latifah, N. (2023). strategi Dakwah Islam Di Era Digital. Al-Insan, 4(1), 104.
Mazidah, S. (2019). Pesan Dakwah Melalui Telegram(Studi Pada Channel Syiar Tauhid Aceh). U Niversitas Islam Negeri Banda Aceh.
Muhid, Z. Z. H. dan A. (2021). Perkembangan Dakwah Melalui Media Sosial Instagram(Literature Review). Ath-Thariq, 5(2), 199.
Musyrifah, S. dan. (2003). Sejarah Islam Klasik Perkembangan Ilmu Pengetahuan (1st ed.). Prenada Media.
Naasution, H. (1975). Pembaharuan Dalam Islam Sejarah Pemikiran Dan Gerakan (1st ed.). Bulan Bintang.
Nisrokha. (2020). Difusi Inovasi dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Madaniyah, 10(2), 179.
Romli. (2019). Dakwah Islam Era Globalisasi. Ath-Thariq:Jurnal Daakwah Dan Komunikasi, 3(1), 103.
Strategi, T. (2025). AL-QIBLAH : Optimalisasi Media Sosial untuk Dakwah Islam : 4(1), 37. https://doi.org/10.36701/qiblah.v4i1.
Syifa Aulia Rahmadhan, D. (2024). Potensi Dakwah Di Media Sosial Tiktok: Peluang Tantangan Islam Di Era Digital. Sinar Dunia : Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 227.
Zaman, M. (2023). Transformasi Gaya Islam Klasik Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Dakwah, 4(2), 166.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfiani, Qudratullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.