Manajemen Fasilitas Parkir Di Masjid Al-Falah Surabaya

mauludi mauludi (1), Abdul Wadud (2), Airlangga Bramayudha (3)
(1) sekolah tinggi ilmu dakwah dan komunikasi STIDKI Ar-Rahmah Surabaya
(2) sekolah tinggi ilmu dakwah dan komunikasi STIDKI Ar-Rahmah Surabaya
(3) sekolah tinggi ilmu dakwah dan komunikasi STIDKI Ar-Rahmah Surabaya
Fulltext View | Download
How to cite (IJASEIT) :
mauludi, mauludi, Wadud, A., & Bramayudha, A. (2021). Manajemen Fasilitas Parkir Di Masjid Al-Falah Surabaya. Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah, 2(1), 12–25. https://doi.org/10.52833/masjiduna.v2i1.48

ABSTRACT

The purpose of this study is to describe the management of parking facilities at places of worship. In this study using qualitative methods with a qualitative descriptive method approach. The place of worship that is the object of research is the Al-Falah Mosque. The process of collecting data is done by observation, in-depth interviews, and documentation. This study describes managerial supervision of parking facilities at Al-Falah Mosque. The Al Falah Mosque takmir committee collaborates with the Surabaya City Transportation Agency (DISHUB), residents who have vacant land and parking attendants from residents around the Al Falah Mosque. Managerial oversight of the parking area of the Al Falah Mosque is carried out with a coordinator system of permanent employees and financial reports from the security coordinator for the finance department. Suggestions for improvement, Al Falah Mosque should have a written system starting from Standard Operating Procedure (SOP) for land use, parking management and cooperation system.

 

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan fasilitas parkir pada tempat ibadah. Dalam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Tempat ibadah yang menjadi objek penelitian ialah Masjid Al-Falah. Proses pengambilan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggambarkan tentang pengawasan secara manajerial fasilitas parkir di Masjid Al-Falah. Pengurus takmir Masjid Al Falah bekerjasama dengan dinas perhubungan (DISHUB) kota Surabaya, warga yang mempunyai lahan kosong serta petugas parkir dari warga sekitar Masjid Al Falah. Pengawasan secara manajerial terhadap keparkiran Masjid Al Falah dilakukan dengan sistem satu koordinator dari karyawan tetap dan laporan keuangan dari koordinator keamanan untuk bagian keuangan. Saran untuk perbaikan, seharusnya Masjid Al Falah mempunyai sistem yang tertulis mulai dari Standar Operasional Prosedur (SOP) penggunaan lahan, pengelolaan parkir dan sistem kerjasamanya.

 

Al-Qur’an, 2010 (Bandung: CV penerbit Diponegoro)

Athoillah, Anton. 2010 Dasar-dasar Manajemen (Bandung: CV Pustaka Setia)

Daryanto & Abdullah, 2013 Pengantar Ilmu Manajemen Dan Komunikasi (Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya)

Departemen Perhubungan Direktur Jendral Perhubugan Darat, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir

Asep, U. I. & Castrawijaya, C. 2010 Manajemen Masjid (Bandung: ANGKASA)

Mukhtar, 2013 Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif (Jakarta Selatan: REFERENSI (GP Press Group))

Siregar, Doli D., 2017 Manajemen Aset (Jakarta: PT. Kresna Prima Persada)

Sugiyono, 2016 Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: ALFABETA)

Nugroho. A. 2018. Studi Metode Dakwah Ceramah persuasif yang Digunakan Ustadz Jamil di Masjid At-Tauhid Betiting Surabaya Pada Pengajian Kiab Al-Wajiz fi Fiqh Sunnah. Masjiduna: Jurnal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah. Vol 1 (1) : 1-16.

Sugiyono, 2018 Metode Penelitian (Bandung: ALFABETA)

Suherman, E. 2012 Manajemen Masjid (Bandung: ALFABETA)

Anatan, lina dan Ellitan, Lena, 2018 Supply Chain Management Perencanaan, Proses, dan Kemitraan (bandung: Alfabeta)

Tim FOKKUS BABINROHIS PUSAT & ICMI ORSAT CEMPAKA PUTIH & YAYASAN KADO ANAK MUSLIM, Pedoman Manajemen Masjid

Tim Yayasan Masjid Al-Falah, 35 Tahun Yayasan Masjid Al-Falah Surabaya