Strategi Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Jawa Timur Dalam Membangun Loyalitas Murid Tpq
How to cite (IJASEIT) :
Â
ABSTRACT
Customer Relationship Management (CRM) is a process of obtaining, maintaining, and improving the profitable relationship to the customers with the intention of creating a good vibe to the customers. Through the satisfaction coming from the customers, it will maximize the profits for the company in order to obtain a comparative advantage by taking care of the product quality to improve more satisfaction for the customers. CRM will also support the TPQ administrators in order to maintain and improve the relationship with the students. A good relationship with TPQ students will create loyalty to the TPQ program. One of the methods TPQ Baitul Ihsan Mosque administrators used is by decreasing the amount of student desertion. Like providing more facilitaties such as providing some scholarship to the student who needed. This research was conducted at the Baitul Ihsan Mosque of the East Java Bank Indonesia, uses a qualitative method with an exploratory approach and complex data collection techniques through interviews, observation and documentation. The resource persons interviewed are as follows: Chairman Mr. Takmir, TPQ Manager, Former TPQ Manager, and TPQ Students. In general, it can be concluded thatBaitul Ihsan Mosque has implemented strategies in building loyalty such as reducing the level of desertion, maintaining the relationship between customers and students, obtaining new potential of each students, and improving to get more of high-value customers. In other words, it was the system implemented by the Chairman of Takmir Baitul Ihsan Mosque.
Customer Relationship Management (CRM) adalah suatu proses dalam mendapatkan, mempertahankan dan meningkatkan hubungan pelanggan yang menguntungkan dengan tujuan untuk menciptakan nilai pelanggan, sehingga pelanggan puas dan memaksimalkan keuntungan bagi perusahaan memperoleh dalam rangka memperoleh keunggulan bersaing (comparative advantage), memperhatikan mutu produk agar dapat memberikan kepuasan yang prima bagi pelanggan. CRM akan membantu pegurus TPQ dalam mempertahankan dan meningkatkan hubungan terhadap murid. Dengan hubungan yang baik terhadap murid TPQ akan menghasilkan loyalitas terhadap program TPQ. Salah satu cara yang dilakukan pengurus TPQ Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Regional Jawa Timur adalah dengan mengurangi tingkat penyebrangan murid. Caranya dengan memberikan fasilitasi berupa bantuan dan uang. Penelitian ini dilaksanakan di Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Regional Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksploratoris. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Jumlah informen, yaitu 1. Ketua takmir, 2. Pengurus TPQ, 3 Mantan pengurus TPQ, 4. Murid TPQ. Secara umum dapat disimpulkan bahwa di Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Regional Jawa Timur telah menjalankan strategi-strategi di dalam membangun loyalitas diantaranya, mengurangi tingkat penyebrangan pelanggan ke perusahaan lain, meningkatkan lamanya relasional pelanggan, meningkatkan potensi masing-masing pelanggan, meningkatkan jumlah kehadiaran pelanggan atau memutuskan, dan memfokuskan usaha pada pelanggan bernilai tinggi. Selain itu juga dapat diketahui bahwa sistem kerja yang diterapkan oleh takmir Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Regional Jawa Timur.
Addela Sukma, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan
Ahmad Mardalis, Meraih Loyalitas Pelanggan; Benefit Vol. 9 No. 2 Desember 2005
Christoper H. Lovelock and Lauren K. Wright, Prinsiples of Service Marketing and Management (Jakarta :PT INDEKS, 2007)
Ebta Setiawan, Kendala (https://kbbi.web.id/kendala, Diakses pada 3 Maret 2019, 2019)
Eman Suherman, Manajemen Masjid, (Bandung: Alfabeta, 2012)
Firdaus dan Fakhry Zamzam, Aplikasi Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Deepublish, 2018)
Hatta Abdul Malik, Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Alhusna Pasadena Semarang; Dimas Vol. 13 No. 2 Tahun 2013
Husein Umar, Strategic Management in Action, (Jakarta: Gramedia, 2008)
Istijanto Oei, Riset Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Gramedia, 2010)
J.R. Raco, Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Grasindo, 2010)
Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian:Skripsi, Tesis, Disetasi, dan Karya Ilmiah, (Jakarta: Kencana, 2017)
KEMENAG, KEMENAG dalam angka 2016, (Jakarta: Biro Hubungan Masyarakat, data dan informasi, 2017)
Lexy y.J.Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008)
Moh. E. Ayub, Manajemen Masjid, (Jakarta: Gema Insani Press, 1996)
Nurdizal M. Rachman, Asep Efendi dan Emir Wicaksana, Panduan Lengkap Perencanaan CSR, (Jakarta: Penebar Swadaya, 2011)
Produk Sim Card Flexi Trendy pada PT. Telkom Di Kota Bandar Lampung; Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.3 No.1 Oktober 2012 Jill Griffin, Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, (Jakarta :Erlangga, 2005)
Philip kotler and Kevin lane keller, Marketing Management (New Jersey: Person Education, 2006)
Rinny E. Kalalo, Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen PT. Matahari Dept. Store Manado; Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2011)
Syafrizal Helmi Situmorang, Analisis Data: untuk Riset Manjemen dan Bisnis, (Medan: USU Press, 2010)
W. Gulo, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Gramedia, 2002)
Nugroho. A. 2018. Studi Metode Dakwah Ceramah persuasif yang Digunakan Ustadz Jamil di Masjid At-Tauhid Betiting Surabaya Pada Pengajian Kiab Al-Wajiz fi Fiqh Sunnah. Masjiduna: Jurnal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah. Vol 1 (1) : 1-16.