Model Pengelolaan Pemanfaatan Ruang di Kompleks Yayasan Perguruan Al-Irsyad

Isa Saleh (1)
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) AR-Rahmah Surabaya
Fulltext View | Download
How to cite (IJASEIT) :
Saleh, I. (2021). Model Pengelolaan Pemanfaatan Ruang di Kompleks Yayasan Perguruan Al-Irsyad. Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.52833/masjiduna.v3i1.58

ABSTRACT

This study aims to identify the management of the use of space, identify infrastructure and planning, and determine the maintenance of assets in the Al-Irsyad Institute of Education in Surabaya. The research method used is a qualitative descriptive case study approach. This is done to obtain an authentic understanding of the planning and implementation process in the use of space on the parties concerned. The object of research in this study is the Al-Irsyad Institute of Education in Surabaya. The informant of this research was the deputy chairman of takmir, the infrastructure section at all levels of the school, and the board of the al-Irsyad Suarabaya foundation. The process of collecting data uses observation, interviews, and documentation. Analysis of the data used is a qualitative descriptive analysis that seeks to describe the phenomenon being investigated by describing and classifying the facts or characteristics factually and accurately to provide a clear or accurate picture of the phenomenon being investigated. The findings in the field that the process of spatial use is in accordance with needs. Procurement of infrastructure is adjusted to the needs of each level. Maintenance of infrastructure assets has been carried out when there is damage or complaints from the school.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manajemen pemanfaatan ruangan, mengidentifikasi sarana prasarana dan perencanaannya, dan mengetahui perawatan aset di kompleks Yayasan Perguruan Al-Irsyad Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Hal ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang otentik mengenai perencanaan dan proses pelaksanaan dalam pemanfaatan ruang pada pihak yang bersangkutan. Objek penelitian dalam penelitian ini ialah Yayasan Perguruan Al-Irsyad Surabaya. Informan penelitian ini merupakan wakil ketua takmir, bagian sarana prasarana di semua jenjang sekolah, dan pengurus yayasan al-Irsyad Suarabaya. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan fenomena yang diselidiki dengan melukiskan dan mengklasifikasi fakta atau karakteristik tersebut secara faktual dan cermat untuk memberikan gambaran yang jelas atau akurat tentang fenomena yang diselidiki. Hasil temuan di lapangan bahwa proses pemanfaatan ruang sudah sesuai dengan kebutuhan. Pengadaan sarana prasarana disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing jenjang. Pemeliharaan pada aset sarana prasarana telah di lakukan ketika ada kerusakan atau keluhan dari pihak sekolah. 

Al-Mubarakfuri, Shafiyyurraahman, 2016, Sirah Nabawiyah edisi indonesia, Jakarta cet. 40.

Athoillah, Anton, 2010, Dasar-Dasar Manajemen, CV Pustaka Setia, Bandung cet. 2.

Bungin, Burhan, 2009, Penelitian Kualitatif, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.

Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, Bumi Aksara, Jakarta.

Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, Bumi Aksara, Jakarta.

Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati, 2016, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan (revisi), PT Refika Aditama, Bandung.

Jurnal oleh: Alia Rossalia Jikwa, Sonny Tilaar, Esli D. Takumansang, “Pemanfaatan Ruang Kawasan Pasar Pinasungkulan Karombasan Manadoâ€, 2016.

Sarjono, dkk., 2004, Panduan Penulisan Skripsi, Yogyakarta.

Sarwono, Jonathan, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sugiono, 2015, Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuanitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung cet. 27.

Suherman, Eman, 2012, Manajemen Masjid, Alfabeta, Bandung.

Supriyatno, Budi, 2009, Manajemen Tata Ruang, CV. Media Berlian, Tangerang cet. 2.

Tim FOKKUS BABINROHIS Pusat dan ICMI Orsat Cempaka Putih, Pedoman Manajemen Masjid, , Jakarta.

Tim Penyusun, 2008, Kamus Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Tim Yayasan Perguruan Al-Irsyad, Pperkembangan Yayasan Perguruan Al-Irsyad Surabaya (YPAS). O’connor, 2001, p.407.

Undang-undang Republik Indonesia no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, bab 1 pasal 1 no. satu.

Nugroho. A. 2018. Studi Metode Dakwah Ceramah persuasif yang Digunakan Ustadz Jamil di Masjid At-Tauhid Betiting Surabaya Pada Pengajian Kiab Al-Wajiz fi Fiqh Sunnah. Masjiduna: Jurnal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah. Vol 1 (1) : 1-16.